KACANG ALMOND DAN KENARI DARI IBU ANI

KACANG ALMOND DAN KENARI DARI IBU ANI
Menyediakan Berbagai Jenis Kacang-Kacangan

27 August, 2012

Kacang Pistachio Juga Penurun Kolesterol

Perkenalkan pistachio, sejenis kacang yang berasal dari daerah Timur Tengah dan menghiasi beragam jenis makanan di sana. Menurut legenda, pistachio merupakan kacang kegemaran Ratu Sheba atau yang dikenal juga sebagai Ratu Bilqis. Karena khasiatnya yang sangat berguna, kacang ini sudah dibudidayakan di Amerika Serikat, Italia, Turki dan Iran. Kacang yang berwarna hijau dengan kulit ari berwarna kuning kemerahan dan dilindungi kulit luar yang keras ini juga memiliki aroma gurih, manis dan lezat. Kacang pistachio tidak mengenal musim. Jika membelinya, pilihlah yang kulit luarnya terbuka karena kulit yang tertutup pertanda bahwa kacang belum matang.

Tambahkan kacang pistachio dalam salad Anda.
Para peneliti di Pennsylvania State University baru-baru ini melakukan penelitian yang jelas memberi kesenangan tersendiri bagi para pesertanya. Para responden studi tersebut diminta untuk mengonsumsi sekitar 42 gram pistachio setiap hari. Pada akhir minggu keempat, mereka yang tekun menyantap kacang jenis ini telah sukses menurunkan total kadar kolesterol mereka, hingga sekitar 6,7%, dan kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) hingga 11,6%. Sebagai imbalannya, menurunnya total kolesterol yang hampir mencapai angka 7%, otomatis akan ikut mereduksi risiko terhadap penyakit jantung hingga 14%!
Kacang pistachio merupakan salah satu sumber terbaik untuk sterol tumbuhan, jenis senyawa yang ampuh untuk mengurangi penyerapan kolesterol, demikian papar Penny Kris-Etherton, PhD, RD, peneliti yang memimpin penelitian ini. Perlu diketahui, 1 ons (setara dengan sekitar 28,35 gram) pistachio mengandung 160 kalori. Jadi sebaiknya, minimalkan saus salad Anda dan tambahkan lebih banyak pistachio ke dalamnya. Atau, bisa juga gunakan minyak zaitun sebagai pengganti saus untuk teman makan salad sayuran, lalu tambahkan pistachio di atasnya.

Sumber: www.preventionindonesia.com

No comments:

Post a Comment