KACANG ALMOND DAN KENARI DARI IBU ANI

KACANG ALMOND DAN KENARI DARI IBU ANI
Menyediakan Berbagai Jenis Kacang-Kacangan

12 August, 2015

Almond Untuk Ibu Hamil (Bumil)


Manfaat Kacang Almond bagi Ibu Hamil (Bumil)
Meskipun disebut dengan kacang almond, ternyata kacang almond tidak digolongkan dalam family kacang – kacangan. Kacang almond berasal dari biji tanaman almond yang
banyak akan kandungan nutrisi baik bagi kesehatan. Penghasil kacang almond dunia berasal dari Negara-negara Timur Tengah,  Amerika, Australia, China, beberapa dari
Afrika. Di Indonesia cukup mudah untuk mendapatkan kacang almond (harga kacang almond paling murah bisa dilihat di http://rumahkacang/harga/ atau di
http://almond-kenari.blogspot.com) Kacang almond yang tersedia di pasaran ada beberapa jenis olahan yaitu:
1.    Almond kulit ari / kernel
2.    Almond tanpa kulit / blanched
3.    Almond iris tipis / slice
4.    Almond iris korek api / slivered
5.    Almond potong dadu kecil / diced
6.    Almond bubuk.
7.    Susu almond.
8.    Dst.

Bahan almond tersebut digunakan untuk tambahan untuk makanan dan hiasan kue dan es krim atau cake.
kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein vitamin, tinggi serat dan mineral banyak terkandung pada kacang almond yang dibutuhkan oleh tubuh.
Berikut adalah khasiat kacang almond bagi kesehatan untuk Ibu Hamil (Bumil) dan untuk Janin.











Menurunkan Berat Badan
Kacang almond juga dapat dimasukan dalam menu program diet yang tinggi serat dan  dapat menurunkan berat badan karena memiliki indeks glikemik yang rendah.
Indeks glikemik adalah suatu angka yang menunjukan percepatan perubahan dari suatu makanan yang dikonsumsi menjadi kandungan zat gula dalam tubuh, nah almond termasuk
tergolong jenis makanan yang memiliki proses perubahannya menjadi gula paling lambat. Kalau di-indeks-kan dari 1 sampai 10 maka kacang almond tergolong angka 1.
Dengan kandungan serat yang cukup tinggi berguna memberikan rasa kenyang lebih lama dan dapat melancarkan organ pencernaan.
Selain itu kacang almond memiliki kandungan riboflavin, tembaga dan mangan guna membatu metabolisme tubuh dengan memproses glukosa menjadi energi atau tenaga. Sehingga akan memperkecil terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan.













Meningkatkan Energi
Kandungan protein dan karbohidrat dalam kacang almond berguna sebagai penambah energi untuk tubuh, sehingga membuat selalu bersemangat saat menjalankan aktivitas.
Selain itu, kandungan protein dari kacang almond juga dapat menambah masa otot lebih baik, sehingga terlihat lebih besar. Apalagi ditambah dengan melakukan fitnes atau berolahraga setiap hari akan mendapatkan bentuk tubuh yang kekar dan perut menjadi six pack, sehingga tubuh terlihat lebih sehat dan jantan bagi pria, maka tidak heran jika kacang almond ini digemari oleh para member fitness center terutama para pria.


Antioksidan
Kacang almond memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin E yang sangat tinggi. Manfaat dari antioksidan adalah dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh akibat dari polusi dan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel tubuh. Selain itu, manfaat dari vitamin E adalah membuat kulit halus dan mulus, terlihat lebih sehat dan tetap terjaga kelembapannya.


 
Tekanan Darah Lebih Stabil
Kacang Almond memiliki kandungan zat potassium berguna menstabilkan tekanan darah dan meringankan kerja jantung. Selain itu kacang almond juga menghindarkan terjadinya stroke, dan membuat terhindar dari penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.


Tulang Lebih Kuat
Saat ibu mengandung umumnya memerlukan kalsium yang cukup tinggi, maka jika kekurangan kalsium maka sistem tubuh akan mengambil kalsium dari ibunya untuk kebutuhan janin  dapat menyebabkan masa tulang yang kurang kepadatannya. .Kacang almond banyak mengandungan kalsium  yang dibutuhkan oleh tulang agar tetap kuat dan sehat baik ibu dan janinnya. Kebutuhan kalsium yang cukup dapat menghidarkan peluang terjadinya penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.





 
Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Kacang almond ternyata dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh atau LDL. Sebab, kacang almond memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan, sehingga mengurangi resiko tekena penyakit jantung. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gambaran sederhana LDL dan HDL dapat dilihat juga di artikel http://almond-kenari.blogspot.com.


 
Mencegah Gangguan Metabolisme
Kacang almond juga mendungan banyak mangan yang cukup tinggi sehingga berfungsi untuk mencegah terjadinya gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Seperti membuat kelenjar tiroid bekerja secara optimal untuk menjalankan sistem metabolisme tubuh.

 
Mencegah Bayi Lahir Cacat
Bagi ibu hamil, asam folat sangat penting untuk menghindar kecacatan pada calon buah hati. Untuk mencegah resiko tersebut dapat mengkonsumsi kacang almond yang tinggi asam folat yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan bayi dan mencegah bayi cacat fisik maupun mental, konon dapat meningkatkan kecerdasan anak juga.

No comments:

Post a Comment