KACANG ALMOND DAN KENARI DARI IBU ANI

KACANG ALMOND DAN KENARI DARI IBU ANI
Menyediakan Berbagai Jenis Kacang-Kacangan

04 December, 2016

Manfaat Kacang Macadamia Untuk Kesehatan Kita

Jual Kacang Macadamia
Kacang Makadamia / Kacang Macadamia
Manfaat Kacang Macadamia Untuk Kesehatan

Terdapat banyak jenis kacang kacangan yang ada di dunia ini, seperti kacang tanah, kacang almond, kacang mete, kacang kedelai dan lainnya. Kacang kacang tersebut tentu saja sering terdengar dan akrab di telinga sebagian besar masyarakat. Namun jika menyebut kacang Macadamia, pasti belum banyak yang mengetahui seperti apa bentuknya, bagaimana cara tumbuhnya dan kandungan gizinya.

kacang macadamiaDiketahui kacang Macadamia berasal dari daratan Australia dan diperkenalkan pertama kali oleh suku aborigin kepada orang Inggris  pada penghujung abad 19. Saat itu banyak orang inggris datang ke Australia untuk membangun koloni baru, kedatangannya disambut baik oleh suku asli setempat dimana pada saat jamuan makan orang Inggris diberikan kacang Macadamia. Setelah mencobanya orang Inggris kala itu sangat kagum dengan kelezatan rasa kacang yang baru dikenal tersebut.

Macadamia merupakan salah satu genus dari family Protoceae dan diketahui ada sekitar 8 spesies yang mana 7 diantaranya terdapat di Australia bagia timur sedangkan sisanya berasal dari Indonesia tepatnya di pulau Sulawesi. Dari 8 spesies, diketahui hanya ada 2 spesies yang bisa menghasilkan kacang yaitu Macadamia integlifolia dan Macadamia tetraphylla.

Pohon Macadamia memiliki ketinggian antara 6 hingga 40 meter, sedangkan daunnya berukuran 5 hingga 30 cm dengan lebar daun 2 hingga 13 cm serta bunga dengan ukuran bervariasi mulai dari 10 hingga 15 cm. Dalam setiap bunga terdapat satu hingga dua biji yang dikenal dengan kacang Macadamia. Karena begitu sedikit dan rasa yang lezat sehingga membuat harganya sangat mahal.
Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Kacang Macadamia

Produksi kacang macadamia dunia mencapai 100.000 ton setiap tahunya dimana Australia sebagai negara penghasil terbesar dengan produksi 40.000 ton, selain itu kacang macadamia juga dibudidayakan di banyak negara seperti Hawaii, Brazil, Afrika Selatan, Kosta Rika, California, Bolivia, Istrael, Kenya, Malawi dan Selendia Baru. Permintaan terhadap kacang macadamia terus meningkat setiap tahunnya, karena semakin banyak orang yang menyadari khasiat dan terdapat kandungan gizi dalam kacang macadamia seperti:

Minyak Tak Jenuh. Salah satu kelebihan kacang macadamia jika dibandingkan dengan jenis kacang lain yaitu kandungan minyak tak jenuh dengan kadar 85 persen, tertinggi diantara semua kacang kacangan. Selain itu terdapat pula polyunsaturated 3.5 persen dan kandungan lemak jenuh sebesar 12.5 persen, jauh lebih rendah dibandingkan dengan lemak tak jenuh.
Karbohidrat. Kacang macadamia mengandung karbohidrat sederhana, selain itu terdapat juga gula, fruktosa, sukrosa, maltosa, glukosa dan beberapa jenis pati lainnya. Karbohidrat yang ada pada kacang macadamia sangat mudah terserap oleh tubuh sehingga sebagai pasokan energi yang baik dan sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang banyak menggunakan tenaga seperti atlet dan profesi yang membutuhkan tenaga besar lainnya.
Protein. Kacang macadamia juga mengandung protein lengkap seperti asam amino essensial dan asam amino non essensial. Dalam satu ons kacang macadamia terdapat 2 gram protein, jumlah yang lumayan untuk proses pembentukan otot, jaringan ikat dan pembentukan plasama darah. Kacang ini juga mengandung semua jenis asam amino essensial dalam tingkat yang optimal.
Mineral Dan Vitamin. Kacang macadamia kaya dengan posfor, kalium, zat besi, magnesium dam kalsium yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak anak serta dapat menguatkan tulang pada orang dewasa. Sedangkan vitamin yang paling dominan adalah vitamin E, B kompleks dan mengandung asam folat. Terdapat pula turunan dari vitamin E yaitu tocoferol dan tocotrienol yang berperan sebagai sumber antioksidan.
Serat Diet. Merupakan istilah yang dipakai untuk menamakan suatu karbohidrat kompleks yang tahan terhadap enzim pencernaan sehingga lebih lama dicerna tubuh dan cocok untuk program diet. Pada dasarnya serat yang terdapat pada kacang macadamia terkonsentrasi di lapisan kulit luar kernel/ cangkang. Kandungan serat kacang macadamia berfungsi untuk kesehatan metabolisme sistem pencernaan.

Manfaat Konsumsi Kacang Macadamia Secara Rutin

Karena kandungan gizi kacang macadamia begitu lengkap sehingga banyak pula manfaat yang akan dirasakan jika mengkonsumsi-nya secara teratur dan tidak menimbulkan efek negatif. Justru sebaliknya, kacang macadamia memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan seperti:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dengan kandungan minyak tak jenuh sebesar 85 persen membuat kacang macadamia dapat menurunkan kadar kolesterol jahat/ LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik/ HDL. Dengan demikian tubuh akan sehat dan terhindar dari serangan berbagai penyakit kardiovaskuler.

2. Mencegah Penebalan Pembuluh Darah

Kacang macadamia dapat meningkatkan kadar HDL sehingga tidak akan ada sumbatan sumbatan dalam pembuluh darah sehingga resiko terjadinya penebalan pembuluh darah akan berkurang sehingga menjadi lentur dan tidak mudah pecah. Banyak kasus Stroke disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang kaku dan tebal akibat hipertensi.

3. Mencegah Jantung Koroner dan Stroke

Penyebab terjadinya jantung koroner yaitu karena tersumbatnya pembuluh darah kapiler pada otot jantung, sumbatan tersebut biasanya disebabkan oleh kolesterol jahat. Dengan mengkonsumsi kacang macadamia akan menurunkan kolesterol jahat sehingga akan terhindar pula dari resiko jantung koroner.

4. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Dengan kandungan antioksidan tinggi pada turunan vitamin E pada kacang macadamia dapat membantu dan memproteksi tubuh dari radikal bebas sehingga efek jangka panjang akan mencegah berbagai macam penyakit ganas seperti kanker, tumor, diabetes, hipertensi dan penuaan dini.

5. Cocok Untuk Diet Sehat

Dengan kandungan serat yang cukup tinggi pada kacang macadamia dapat menunda lapar sehingga baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani program diet. Selain itu manfaat lainnya adalah dapat melancarkan BAB, meningkatkan bakteri baik usus dan menyehatkan saluran pencernaan.

Nah itulah manfaat kacang macadamia bagi kesehatan, yang dapat anda gunakan dalam meningkatkan masalah kesehatan hingga untuk diet yang dapat ampuh membantu anda. Selain itu kacang ini juga ampuh untuk penyakit super berbahaya seperti jantung dan stoke.


(Sumber: http://manfaat.co.id/manfaat-kacang-macadamia)

No comments:

Post a Comment